Haloo Sobat Muda Indonesia,
sebentar lagi hari kemerdekaan Indonesia yang ke 70 lho. Ngomong-ngomong
tentang merdeka, emang merdeka itu apa sih?
Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa
Indonesia), merdeka berarti bebas dari penjajahan. Hmm, apa iya kita juga sudah
merasakan kemerdekaan itu? Coba kita lihat, minyak masih impor, gas juga,
bahkan beras dan garam juga masih impor! Apa ini yang namanya merdeka alias
bebas dari penjajahan? Ngomongin masalah gini emang ga abis-abis dan
kadang-kadang malah bikin "panas".
Kalau gitu, gimana kalau kita
lihat dari sisi yg berbeda? :) Merdeka itu ketika kamu bisa berkarya dengan
potensi yang kamu miliki, dan bermanfaat bagi oranglain. Kamu punya potensi
memasak misalnya, maka tebarlah kebermanfaatan dengan masakanmu agar oranglain
bisa merasakan nikmatnya. Atau kamu jago menulis, maka tulislah ha-hal
bermanfaat yang bisa menginspirasi temen-temen yang lain untuk berbuat
kebaikan. Mungkin kamu pintar berkebun? Sesekali ajaklah teman-temanmu ke rumah
& berkebun bersama menghijaukan bagian dari Indonesia.Bisa jadi kamu memang
tidak terlalu pintar, juga tidak terlalu kaya, tapi kamu pasti punya suatu
potensi yang bisa kamu bagi :).
Merdeka itu bukan sekedar bebas
dari penjajahan oranglain, tapi juga bebas dari penjajahan diri sendiri. Gaya
penjajah itu selalu memaksa dan membatasi hal-hal yang sebenarnya ingin kita
lakukan. Tanpa sadar, bukankah kita yang seringkali bergaya penjajah dan
menghambat keinginan kita untuk berkarya? Aktibatnya, karyamu terhambat oleh
rasa malas, enggan, malu, tidak percaya diri, dan tidak mau berkorban. Ngga heran
kalau sudah se’tua’ ini kamu belum punya karya. Ternyata, kita harus menyadari
bahwa penjajah itu adalah diri kita sendiri.
Sadar masih memiliki mata yg bisa
melihat, tangan yg bisa bergerak, lisan yg bisa berbicara. Itu semua potensi
kan :) Tapi itu tadi, kamu seringkali m'hambat karya potensimu dgn rasa malas,
enggan, malu, tidak percaya diri, & tdk mau berkorban. Padahal pahlawan
kita dulu berjuang dengan harta benda bahkan merelakan nyawanya! Masa kita
masih malas dan tidak mau berkorban. Penjajah itu jangan dibiarin, nanti dia
bakal ngajak temen-temennya sesama penjajah. Ngga mau kan..
Penjajah itu harus dilawan.
Dibasmi sampai ke akar-akarnya. Jadi, kalau penjajah kita tadi adalah rasa
malas, enggan, malu, tidak percaya diri, & tdk mau berkorban, LAWAN!!!
Katanya mau jadi pengusaha sukses, masa maunya yang instan. Itu namanya malas.
Lawan! Katanya mau jadi manusia yg bermanfaat, tapi sebagian besar waktunya
habis di tempat tidur. Itu namanya malas. Lawan!! Jadi pengusaha sukses itu
butuh perjuangan, jadi manusia yg bermanfaat itu butuh pengorbanan. Ngga
instan.
Kalau bener2 mau sukses,
berkumpullah dengan orang-orang sukses. Cari ilmu, gali sedalam-dalamnya. Itu
usaha namanya. Kalau mau jadi manusia yg bermanfaat, mulailah serius melawan
penjajah, terutama penjajah lokal tadi. Rasa malas dan kawan kawannya. Jangan
lupa ibadah yang wajib dikerjain, yang sunnah ditingkatin. Sedekah juga
diperbanyak biar berkah.
So, merdeka itu bukan sekedar
masang bendera di jalan, upacara bendera di lapangan. Bukan sekedar itu. Bukan.
Merdeka itu ketika kamu masih muda, sukses jadi pengusaha, dan berhasil menebar
manfaat buat ummat. Jangan cuma main balap karung, makan kerupuk berdiri,
panjat pinang, abis itu bubar bar bar bar.. ckckck mana merdekanya? Bolehlah
main seperlunya, abis itu coba bikin kegiatan bermanfaat yg lain sama
temen-temen. Bikin bisnis bareng misalnya :). Nah kalau kamu udah punya ide
bisnis tapi masih bingung, ya belajar aja :)
Satu tahun jadi pengusaha! Mau? Ada lho kampus bisnis yang
bagus. Mau jadi pengusaha sukses? Bisa. Mau jadi orang yang bermanfaat? Bisa
banget. So, yuk merdekakan diri kita bareng-bareng. Belajar bareng,
berjuang bareng, dan berkorban bareng di Sekolah Bisnis Umar Usman. Udah tambah
pinter, tambah kaya, tambah sholeh juga lagi insya Allah. Mau? Pasti mau kan :)
Yuk Jadi Pengusaha Muda
Merdeka :D

No comments:
Post a Comment